Nah, Ini Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terpanjang di Dunia. Beruntung Lho Puasa di Indonesia!



Bulan Ramadan telah tiba. Mulai hari ini, selama sebulan penuh umat Muslim di seluruh dunia mempunyai kewajiban untuk berpuasa. Di bulan yang penuh berkah ini, kamu yang Muslim harus menahan lapar dari Subuh sampai Maghrib. Kamu yang nggak terbiasa berpuasa, mungkin agak berat puasa di awal Ramadan ini. Total 13 jam kamu nggak bisa makan dan minum.

Jangan mengeluh ya harus puasa selama 13 jam. Masih banyak negara-negara lain yang waktu puasanya nggak masuk akal saking lamanya. Bagi penduduk di negara ini, durasi puasa di Jakarta atau Indonesia pada umumnya nggak ada apa-apanya. Mau tahu negara mana saja yang durasi puasanya paling lama di dunia? Yuk simak aja ulasan Hipwee Travel menyambut bulan suci Ramadan kali ini ya.

Negara yang indahnya nggak ketulungan, Islandia, jadi negara dengan durasi puasa terlama di dunia dengan 21 jam puasa bersama dengan Greenland. Gila, hampir seharian penuh tuh!

Islandia, negara yang mempunyai lanskap menakjubkan dan aurora ini memang berada di dekat kutub utara. Di ibukota Reykjavik, puasa di sana mempunyai durasi yang sangat lama yakni 21 jam. Logika sederhananya sih, abis buka puasa terus solat Maghrib disambung Isya dan Tarawih, eh bentar lagi sudah mau Subuh. Wah repot juga ya di sana.

Greenland, sebuah pulau di dekat kutub yang masuk dalam negara Denmark punya durasi lebih lama yakni 21 jam 2 menit dibandingkan Islandia. Selisih dua menit saja.

Negara-negara Skandinavia kompak punya durasi waktu puasa sekitar 19 jam. Matahari terbenam di sana hampir tengah malam

Di periode seperti sekarang, negara Skandinavia mengalami malam yang sangat sedikit. Matahari terbenam pun jelang tengah malam. Untuk itulah negara-negara Skandinavia mendapat ‘jatah’ puasa yang cukup panjang, yakni 19 jam. Finlandia mendapat durasi 19 jam 56 menit, Norwegia 19 jam 48 menit , Swedia 19 jam 42 menit, dan Denmark 19 jam 07 menit. Rusia juga mendapat durasi puasa 19 jam 07 menit. Cukup ngeri ya membayangkan kita yang di khatulistiwa mengalami puasa sepanjang itu.

Tantangan lebih akan dihadapi Muslim yang tinggal di kawasan utara Kanada. Sebab, setiap hari matahari selalu muncul dan tidak pernah terbenam sehingga tidak ada malam. Ulama memberikan kompensasi agar masyarakat di sana berpuasa mengikuti ketentuan Mekah atau negara Timur Tengah terdekat.

Sementara itu, mayoritas negara Eropa kompak berpuasa selama 18 jam, kecuali Prancis dan negara-negara di Mediterrania (Eropa Selatan)

Tahun ini, puasa di Eropa lebih manusiawi dibanding tahun lalu. Kalau tahun lalu sekitar 19 jam, tahun ini kebanyakan 18 jam saja. Negara di Eropa seperti Belarusia, Jerman, Irlandia, Belanda, Inggris, Belgia, Austria berpuasa selama 18 jam lebih beberapa menit. Tetap saja sih 18 jam itu panjang banget. Sementara itu Prancis 17 jam 11 menit dan Italia 16 jam 58 menit saja.

Berikut ini tabel negara dengan puasa terpanjang dan terendah di tahun 2018. Argentina dan Australia jadi negara yang punya durasi terpendek yakni 11 jam saja

Berikut ini daftar negara dengan puasa terpanjang dan terpendek di dunia. Beruntung sekali ya, tiga negara yang dekat dengan kutub selatan yakni Argentina, Australia dan Selandia Baru cuma mendapat durasi puasa selama 11 jam saja. Wah nggak kerasa tuh udah maghrib aja. Hehehe.

Dengan mengetahui fakta durasi puasa terpanjang di dunia semoga kamu makin bersyukur ya tinggal di Indonesia yang punya durasi puasa 13 jam saja. Belum tentu kuat lho 21 jam puasa seperti di Islandia. Hehehe.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==